TIGA GERAKAN DALAM SHOLAT



HASIL BM HALAQOH ABI SUJA’

DISKRIPSI MASALAH
Banyak kita saksikan orang yang sedang Solat bergerak gerak sampai lebih dari tiga kali apalagi di masjid makkah mukarromah, entah di lakukan dalam keadaan tidak mengerti atau tidak sengaja .

PERTANYAAN
a). Adakah pendapat dari kalangan syafi'iyyah, bergerak lebih dari tiga kali yang tidak membatalkan sholat ...?

B). Kalau ada, sampai berapakah gerakan yang bisa membatalkan sholat...?

c). Kalau dalam madzhab syafi'yyah tidak di temukan lalu bagaimana menurut pandangan selain madzhab Syafi'iyyah...?

 JAWABAN

a). Penyebutan gerakan lebih dari tiga yg tidak membatalkan solat belum di temukan,

Namun ulama' sepakat bahwa gerakan banyak dalam solat (عمل كثير) yang bukan dari jenis gerakan solat,  jika di lakukan secara beruntun (tidak ada jedah seukuran tuma'ninah) dapat membatalkan solat,

Hanya saja terkait batas ukuran banyak (amal kastir) masih ada perbedaan di antara Ash-haabu al syafi'i.

√. Menurut Imam syafi'i sendiri, batas amal katsir yg membatalkan solat adalah tiga gerakan yg berturut-turut .

√. Menurut Syeikh Abu hamid (Ash-habu al syafi'i) batas ukurnya di kembalikan pada  Uruf dan adat.

√. Menurut Imam Al- Qoffal (Ashabu al syafi'i) : gerakan banyak adalah "suatu gerakan yg sekiranya di pandang orang ia tidak di anggap sedang melakukan solat , contoh : seperti perbuatan menjahit , menulis dll.".

b). Gugur.
c). Gugur

الفقه الإسلامي للزحيلي ١/ ١٠٣١
اﻟﻌﻤﻞ اﻟﻜﺜﻴﺮ اﻟﻤﺘﻮاﻟﻲ:
اﺗﻔﻖ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﻋﻠﻰ ﺑﻄﻼﻥ اﻟﺼﻼﺓ ﺑﺎﻟﻌﻤﻞ اﻟﻜﺜﻴﺮ اﻟﻤﺘﻮاﻟﻲ، ﻭﻟﻮ ﺳﻬﻮا ؛ ﻷﻥ اﻟﺤﺎﺟﺔ ﻻ ﺗﺪﻋﻮ ﺇﻟﻴﻪ.

البيان (الشافعي)  ٢/٣١٦
ﻭاﺧﺘﻠﻒ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻲ ﺣﺪ اﻟﻌﻤﻞ اﻟﻘﻠﻴﻞ ﻭاﻟﻜﺜﻴﺮ:
ﻓﻘﺎﻝ اﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻮ ﺣﺎﻣﺪ: اﻟﻤﺮﺟﻊ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺇﻟﻰ اﻟﻌﺮﻑ ﻭاﻟﻌﺎﺩﺓ، ﺇﻻ ﺃﻥ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻧﺺ ﻋﻠﻰ: (ﺃﻥ اﻟﻔﻌﻠﺔ اﻟﻮاﺣﺪﺓ ﻋﻤﻞ ﻗﻠﻴﻞ، ﻭاﻟﺜﻼﺙ ﻓﻌﻼﺕ).
ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ: ﻭﻓﻲ اﻟﺨﻄﻮﺗﻴﻦ ﻭاﻟﻀﺮﺑﺘﻴﻦ ﺇﺫا ﺗﻮاﻟﺘﺎ. . ﻭﺟﻬﺎﻥ:
ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ: ﻻ ﺗﺒﻄﻼﻥ اﻟﺼﻼﺓ؛ ﻟـ «ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﺧﻠﻊ ﻧﻌﻠﻴﻪ» . ﻭﻫﺬاﻥ ﻓﻌﻼﻥ.
ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺗﺒﻄﻼﻥ اﻟﺼﻼﺓ؛ ﻷﻧﻬﻤﺎ ﻋﻤﻞ ﻣﺘﻜﺮﺭ، ﻓﻬﻤﺎ ﻛﺎﻟﺜﻼﺙ.
ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻘﻔﺎﻝ: اﻟﻜﺜﻴﺮ ﻣﺎ ﻟﻮ ﻧﻈﺮ ﺇﻟﻴﻪ اﻟﻨﺎﻇﺮ. . ﺗﺼﻮﺭ ﻋﻨﺪﻩ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﻓﻲ اﻟﺼﻼﺓ، ﻭﻣﺎ ﺩﻭﻥ ﺫﻟﻚ ﻳﻜﻮﻥ ﻗﻠﻴﻼ .
ﻭﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ: ﺣﺪ اﻟﻘﻠﻴﻞ: ﻛﻞ ﻋﻤﻞ ﻻ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﻓﻴﻪ ﺇﻟﻰ اﻟﻴﺪﻳﻦ ، ﻣﺜﻞ: ﺣﻚ اﻟﺠﺮﺑﺎﻥ ،
ﻭاﻟﻜﺜﻴﺮ: ﻣﺎ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﻓﻴﻪ ﺇﻟﻰ اﻟﻴﺪﻳﻦ، ﻣﺜﻞ: ﻛﻮﺭ اﻟﻌﻤﺎﻣﺔ. ﻭﻫﺬا ﻟﻴﺲ ﺑﺼﺤﻴﺢ

والله اعلم بالصواب

Komentar

Postingan Populer