TIGA GERAKAN DALAM SHOLAT
HASIL BM HALAQOH ABI SUJA’
DISKRIPSI MASALAH
Banyak kita saksikan orang yang sedang Solat bergerak
gerak sampai lebih dari tiga kali apalagi di masjid makkah mukarromah, entah di
lakukan dalam keadaan tidak mengerti atau tidak sengaja .
PERTANYAAN
a). Adakah pendapat dari kalangan syafi'iyyah, bergerak
lebih dari tiga kali yang tidak membatalkan sholat ...?
B). Kalau ada, sampai berapakah gerakan yang bisa
membatalkan sholat...?
c). Kalau dalam madzhab syafi'yyah tidak di temukan lalu
bagaimana menurut pandangan selain madzhab Syafi'iyyah...?
JAWABAN
a). Penyebutan gerakan lebih dari tiga yg tidak
membatalkan solat belum di temukan,
Namun ulama' sepakat bahwa gerakan banyak dalam solat (عمل كثير) yang bukan dari
jenis gerakan solat, jika di lakukan secara
beruntun (tidak ada jedah seukuran tuma'ninah) dapat membatalkan solat,
Hanya saja terkait batas ukuran banyak (amal kastir)
masih ada perbedaan di antara Ash-haabu al syafi'i.
√. Menurut Imam syafi'i sendiri, batas amal katsir yg
membatalkan solat adalah tiga gerakan yg berturut-turut .
√. Menurut Syeikh Abu hamid (Ash-habu al syafi'i) batas
ukurnya di kembalikan pada Uruf dan
adat.
√. Menurut Imam Al- Qoffal (Ashabu al syafi'i) : gerakan
banyak adalah "suatu gerakan yg sekiranya di pandang orang ia tidak di
anggap sedang melakukan solat , contoh : seperti perbuatan menjahit , menulis
dll.".
b). Gugur.
c). Gugur
الفقه الإسلامي للزحيلي ١/ ١٠٣١
اﻟﻌﻤﻞ اﻟﻜﺜﻴﺮ اﻟﻤﺘﻮاﻟﻲ:
اﺗﻔﻖ اﻟﻔﻘﻬﺎء ﻋﻠﻰ ﺑﻄﻼﻥ اﻟﺼﻼﺓ ﺑﺎﻟﻌﻤﻞ اﻟﻜﺜﻴﺮ اﻟﻤﺘﻮاﻟﻲ،
ﻭﻟﻮ ﺳﻬﻮا ؛ ﻷﻥ اﻟﺤﺎﺟﺔ ﻻ ﺗﺪﻋﻮ ﺇﻟﻴﻪ.
البيان (الشافعي) ٢/٣١٦
ﻭاﺧﺘﻠﻒ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻲ ﺣﺪ اﻟﻌﻤﻞ اﻟﻘﻠﻴﻞ ﻭاﻟﻜﺜﻴﺮ:
ﻓﻘﺎﻝ اﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻮ ﺣﺎﻣﺪ: اﻟﻤﺮﺟﻊ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺇﻟﻰ اﻟﻌﺮﻑ ﻭاﻟﻌﺎﺩﺓ،
ﺇﻻ ﺃﻥ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻧﺺ ﻋﻠﻰ: (ﺃﻥ اﻟﻔﻌﻠﺔ اﻟﻮاﺣﺪﺓ ﻋﻤﻞ ﻗﻠﻴﻞ، ﻭاﻟﺜﻼﺙ ﻓﻌﻼﺕ).
ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ: ﻭﻓﻲ اﻟﺨﻄﻮﺗﻴﻦ ﻭاﻟﻀﺮﺑﺘﻴﻦ ﺇﺫا ﺗﻮاﻟﺘﺎ.
. ﻭﺟﻬﺎﻥ:
ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ: ﻻ ﺗﺒﻄﻼﻥ اﻟﺼﻼﺓ؛ ﻟـ «ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ
ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﺧﻠﻊ ﻧﻌﻠﻴﻪ» . ﻭﻫﺬاﻥ ﻓﻌﻼﻥ.
ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ: ﺗﺒﻄﻼﻥ اﻟﺼﻼﺓ؛ ﻷﻧﻬﻤﺎ ﻋﻤﻞ ﻣﺘﻜﺮﺭ، ﻓﻬﻤﺎ ﻛﺎﻟﺜﻼﺙ.
ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻘﻔﺎﻝ: اﻟﻜﺜﻴﺮ ﻣﺎ ﻟﻮ ﻧﻈﺮ ﺇﻟﻴﻪ اﻟﻨﺎﻇﺮ. . ﺗﺼﻮﺭ
ﻋﻨﺪﻩ ﺃﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﻓﻲ اﻟﺼﻼﺓ، ﻭﻣﺎ ﺩﻭﻥ ﺫﻟﻚ ﻳﻜﻮﻥ ﻗﻠﻴﻼ .
ﻭﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ: ﺣﺪ اﻟﻘﻠﻴﻞ: ﻛﻞ ﻋﻤﻞ ﻻ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﻓﻴﻪ ﺇﻟﻰ اﻟﻴﺪﻳﻦ ، ﻣﺜﻞ:
ﺣﻚ اﻟﺠﺮﺑﺎﻥ ،
ﻭاﻟﻜﺜﻴﺮ: ﻣﺎ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﻓﻴﻪ ﺇﻟﻰ اﻟﻴﺪﻳﻦ، ﻣﺜﻞ: ﻛﻮﺭ اﻟﻌﻤﺎﻣﺔ.
ﻭﻫﺬا ﻟﻴﺲ ﺑﺼﺤﻴﺢ
والله اعلم بالصواب
Komentar
Posting Komentar