PENGERTIAN JIHAD
Soal ke 36
Diskripsi masalah
Jihad!!!! mungkin itulah yang sering di gembar gemborkan
oleh sebagian orang di luar sana. Namun sebagian orang mengartikan jihad
sebagai upaya penyerangan terhadap orang kafir di indonesia, sehingga dengan
hal ini banyak kalangan orang islam yang berbondong bondong datang ke gereja
untuk menyerang orang keristen dengan mengambil sandal dan harta lain yang
mereka inginkan.
PERTANYAAN
A. Benarkah penafsiran jihad sebagaimana di diskripsi di
atas.?
B. Apakah juga di perbolehkan berbondong bondong datang
ke gereja untuk menyerang orang keristen dengan mengambil sandal dan harta lain
yang mereka inginkan...?
Sail : Ust. Thohir Fu'adi Karanglo
JAWABAN :
a). Pengertian jihad sebagaimana dalam Diskripsi soal
tidak di benarkan. (terbukti ulama' mengharamkan mendholimi mereka)
b). Tidak boleh mengambil harta Non muslim yg berada di
indonesia yg sudah sesuai dengan undang-undang yg di berlakukan pemerintah
indonesia, (tidak ilegal) , karena status mereka adalah "Harbi fi dzimmatit
ta'min." yang konsep hukumnya di samakan dengan kafir Dzimmi, yakni :
tidak boleh dholimi, diambil hartanya, atau dibunuh,
--------
Menurut Imam Sulaiman Al kurdi : Non muslim yg masuk utk
berbisnis di Indonesia yang mendapapat jaminan keamanan dari pemerintah, secara
inplementatif sdh menjalankan aqdul aman, sehingga konsekwensinya tidak boleh
di ganggu baik harta maupun nyawanya.
فتح الباري ٥ /٣٤١
ﻭﺃﻣﺎ اﻟﻤﺎﻝ ﻓﻠﺴﺖُ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ ﺷﻲء ﺃﻱ ﻻ ﺃﺗﻌﺮﺽ ﻟﻪ ﻟﻜﻮﻧﻪ
ﺃﺧﺬﻩ ﻏﺪﺭا ﻭﻳﺴﺘﻔﺎﺩ ﻣﻨﻪ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺤﻞ ﺃﺧﺬ ﺃﻣﻮاﻝ اﻟﻜﻔﺎﺭ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ اﻷﻣﻦ ﻏﺪﺭا ﻷﻥ اﻟﺮﻓﻘﺔ ﻳﺼﻄﺤﺒﻮﻥ
ﻋﻠﻰ اﻷﻣﺎﻧﺔ ﻭاﻷﻣﺎﻧﺔ ﺗﺆﺩﻯ ﺇﻟﻰ ﺃﻫﻠﻬﺎ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻭ ﻛﺎﻓﺮا ﻭﺃﻥ ﺃﻣﻮاﻝ اﻟﻜﻔﺎﺭ ﺇﻧﻤﺎ ﺗﺤﻞ ﺑﺎﻟﻤﺤﺎﺭﺑﺔ
ﻭاﻟﻤﻐﺎﻟﺒﺔ ﻭﻟﻌﻞ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺗﺮﻙ اﻟﻤﺎﻝ ﻓﻲ ﻳﺪﻩ ﻻ ﻣﻜﺎﻥ ﺃﻥ ﻳﺴﻠﻢ ﻗﻮﻣﻪ ﻓﻴﺮﺩ
ﺇﻟﻴﻬﻢ ﺃﻣﻮاﻟﻬﻢ
قرة العين للعلامة الشيخ محمد سليمان الكردي المدني
الشافعي / 208- 209
ألجواب الذي يظهر للفقير انهم حيث دخلوا بلادنا
للتجارة معتمدين على العادة المطردة من منع السلطان من ظلمهم وأخذ أموالهم وقتل نفوسهم
وظنوا ان ذلك عقد أمان صحيح لا يجوز إغتيالهم بل يجب تبليغهم المأمن - الى ان قال –
لأن السلطان فيها جارت عادته بالذب عنهم وهو عين
الأمان
------------
Non muslim di indonesia " Harbi fi Dzimmatit ta'min*
"
قرة العين بفتاوي علماء الحرمين صـ 210-212 (مكتبة
عرفات)
(سئل رحمه الله تعالى)
اعتاد بعض سلاطين الجاوى أن يقر الكفار الغير الكتابين والمجوسيين في بلده بكذا وكذا
من الدرهم والحبوب من كل سنة وهم تحت طاعته يمتثلون أوامره ونواهيه ويتوجهون حيث ما
وجههم وانتفع المسلمون بهم في الأعمال الخسيسة ولكنه لم يأمرهم بالإسلام فهل يجوز ذلك
لتلك المنفعة والمصلحة أو لا وهل هؤلاء الكفار يقال فيهم إنهم حربيون لكونهم ليسوا
من أهل الذمة وما حكم الأموال التي يؤدونها كل سنة هل هي غنيمة أولا ، وهل يجوز لمن
أعطى من الفقراء شيئا من ذلك أخذه أو لا أفتونا ( الجواب ) - الى ان قال
– وقول السائل وهل هؤلاء الكفار يقال انهم حربيون الخ ...... – الى ان قال -
ان اراد انه يجوز قتلهم واغتيالهم لكونهم ليسوا بأهل الذمة فليس كذلك بل ذمة التأمين
من الإمام.
---------
Menurut fatawa qurrotul ain : alasan non muslim Indonesia
di sebut "hàrbi mahdloh" meski sudah di jamin undang² negara, karena
pada mereka tidak ada ciri-ciri yg semestinya di sandang Kafir Dzimmi, atau
Musta'man, atau Mu'ahad yg sdh di urai dgn jelas di kitab -kitab mu'tabaroh.
sedangkan tidak bolehnya mengganggu mereka lebih di
pengaruhi alasan :
من باب
درء المفاسد مقدم على جلب المصالح
------------
قرة العين بفتاوي علماء الحرمين صـ 200 (مكتبة عرفات)
أما الجواب السؤال الأول فاعلم أن الكفار الموجودين
فى بلادكم وفى بلاد غيركم من أقطار المسلمين كالباكستان والهند والشامى والعراق ومصر
والسودان والمغرب وغيرها ليسوا ذميين ولا معاهدين ولا مستأمنين بل هم حربييون حربة
محضة كيف وهم يعتبرون انفسهم فى بلادهم وفوق ارضهم يبنون ويعلون ويرفعون ويتملكون فيتوسعون
ويتجارون فيصدرون ويريدون ويزارعون فيبذرون ويحصدون بل ولهم اشتراك فى البر لمانات
الدولية والأصوات الإنتخابية ولهم الكنائس والمعابد والمدارس الكفرية والمهرجانات ولهم
ايضا نشاط التبشير علينا وهذا ليس شأن الذميين ولا المعاهدين ولا المستأمنين لكن التصدى
لإيذائهم اذى ظاهرا كما ذكرتم فى السؤال ينظر فيه الى قاعدة جلب المصالح ودرء المفاسد
ويرجح دفع المفاسد على جلب المصالح ولا سيما وآحد الناس وإفرادهم وليس
فى مستطاعهم ذلك كما هو الواقع والمشاهد
----------
فتاوي السبكي ج 2 ص 215
أَنَّ مُجَرَّدَ دُخُولِهِمْ لِلتِّجَارَةِ لَا
يَقْتَضِي الْأَمَانَ حَتَّى يَعْقِدَ الْإِمَامُ أَوْ نَائِبُهُ أَوْ أَحَدٌ مِنْ
الْمُسْلِمِينَ لَهُمْ أَمَانًا بِلَفْظٍ صَرِيحٍ أَوْ كِنَايَةٍ أَوْ إشَارَةٍ مُفْهِمَةٍ
وَحُكْمُ الْإِشَارَةِ حُكْمُ الْكِنَايَةِ سَوَاءٌ أَكَانَتْ مِنْ قَادِرٍ عَلَى النُّطْقِ
أَمْ عَاجِزٍ مِنْ جِهَتِنَا وَبِلَفْظٍ أَوْ فِعْلٍ مِنْ جِهَتِهِمْ فَلَا يَثْبُتُ
الْأَمَانُ إلَّا بِذَلِكَ وَلَوْ أَذِنَ لَهُمْ فِي الدُّخُولِ لِلتِّجَارَةِ مِنْ
غَيْرِ شَيْءٍ يَدُلُّ عَلَى التَّأْمِينِ فَهَلْ يَثْبُتُ لَهُمْ حُكْمُ الْأَمَانِ
أَوْ لَا لِأَنَّهُ لَمْ يَحْصُلْ مَا يَدُلُّ عَلَى الْأَمَانِ مِنْ صَرِيحٍ وَلَا
كِنَايَةٍ وَلَا إشَارَةٍ لَمْ أَرَ فِيهِ نَقْلًا ، وَهَذِهِ هِيَ صُورَةُ مَسْأَلَةِ
هَؤُلَاءِ الْفِرِنْجِ ._
وَالظَّاهِرُ أَنَّهُ لَا أَمَانَ لَهُمْ لِمُجَرَّدِ
ذَلِكَ فَلَيْسُوا بِمُسْتَأْمَنِينَ وَلَا مُعَاهَدِينَ لَا قَبْلَ فِعْلِهِمْ هَذَا
وَلَا بَعْدَهُ فَكَيْفَ ....
--------
شرح رسالة كتاب الايمان. ج ١ ص ٣٠7
لا يجب للإنسان أن يسرق، ولا يأخذ مالا إلا مِن
مال الكافر الحَرْبِيّ، مال الكافر الحربي اللي بيننا وبينه حرب، وبيننا وبينه السلاح،
هذا حلال الدم والمال.
أما الكافر الذِّمِّيّ الذي له عهد، بيننا ويبنه
عهد أو صلح، أو دخل إلى البلاد بذمة أو عهد وما أشبه ذلك، فهؤلاء لا يجوز قتلهم، ولا
أخذ أموالهم، بل إن ذلك فيه الوعيد الشديد، قال -عليه الصلاة والسلام-: من قتل معاهدًا
لم يَرُحْ رائحة الجنة (1) فمن كبائر الذنوب، فليس كل كافر يحل دمه وماله إنما هذا
الكافر الحربي اللي بيننا وبينه حرب، وبيننا وبينه سلاح، هذا حلال دمه وماله.
بغية المسترشدين ص ١٥٦
(ﻣﺴﺌﻠﺔ) ﺣﻜﻢ ﻣﺎﻝ ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ
ﻭﺍﻟﺬﻣﻲ ﻭﺍﻟﻤﺴﺘﺄﻣﻦ ﺳﻮﺍﺀ ﻓﻲ ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻻﺳﺘﻴﻼﺀ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﺣﻖ
ﺑﺨﻼﻑ ﺣﺮﺑﻲ ﻟﻢ ﻳﺪﺧﻞ ﺑﺄﻣﺎﻥ ﻣﺴﻠﻢ ﻓﺤﺎﻟﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﻣﺒﺎﺡ
ﻟﻤﻦ ﻇﻔﺮ ﺑﻪ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﺑﻼﺩﻫﻢ ﺑﻐﻴﺮ ﺃﻣﺎﻥ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻠﻪ ﺍﻏﺘﻴﺎﻟﻬﻢ
المغني ج٨ ص ٣٦٨
السؤال هل يجوز سرقة مال الكفار؟ فهذا القسم من
الكفار لا خلاف بين علماء المسلمين أن سرقة أموالهم حرام، وأن المسلم إذا سرق من الذمي
فإن يده تقطع متى تحققت شروط القطع المعروفة، نقل هذا الاتفاق ابن قدامة في المغني
فقال: ويقطع المسلم بسرقة مال المسلم والذمي، ويقطع الذمي بسرقة مالهما. وبه قال الشافعي
وأصحاب الرأي ولا نعلم فيه خلافاً.
---------
Berikut macam macamnya kafir beserta definisinya ,
di sarikan dari kitab mausu'ah
orang kafir ada 4 macam :
1. Kafir Harbi yaitu mereka yang memerangi kaum muslimin
فَإِذا لَقِيتُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا فَضَرْبَ الرِّقَابِ
حَتَّى إِذَا أَثْخَنتُمُوهُمْ فَشُدُّوا الْوَثَاقَ فَإِمَّا مَنًّا بَعْدُ وَإِمَّا
فِدَاء حَتَّى تَضَعَ الْحَرْبُ أَوْزَارَهَا ذَلِكَ وَلَوْ يَشَاء اللَّهُ لَانتَصَرَ
مِنْهُمْ وَلَكِن لِّيَبْلُوَ بَعْضَكُم بِبَعْضٍ وَالَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ
اللَّهِ فَلَن يُضِلَّ أَعْمَالَهُمْ
2. Kafir Dzimmi yaitu mereka yang memberikan jizyah
kepada pemimpin kaum muslimin
قَاتِلُواْ الَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ بِاللّهِ
وَلاَ بِالْيَوْمِ الآخِرِ وَلاَ يُحَرِّمُونَ مَا حَرَّمَ اللّهُ وَرَسُولُهُ وَلاَ
يَدِينُونَ دِينَ الْحَقِّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُواْ الْكِتَابَ حَتَّى يُعْطُواْ الْجِزْيَةَ
عَن يَدٍ وَهُمْ صَاغِرُونَ
3. Mu’ahid yaitu mereka yang terikat perjanjian untuk
jangka waktu tertentu.
وَإِمَّا تَخَافَنَّ مِن قَوْمٍ خِيَانَةً فَانبِذْ
إِلَيْهِمْ عَلَى سَوَاء إِنَّ اللّهَ لاَ يُحِبُّ الخَائِنِينَ
4. Musta’min yaitu mereka yang diberikan perlindungan
keamanan oleh seorang muslim
وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ
فَأَجِرْهُ حَتَّى يَسْمَعَ كَلاَمَ اللّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ
قَوْمٌ لاَّ يَعْلَمُونَ
-------
Didalam kitab “al Mausu’ah al Fiqhiyah” disebutkan bahwa
ahli dzimmah menurut istilah para fuqaha dinisbahkan kepada dzimmah yang
berarti perjanjian dari imam atau orang-orang yang mewakilinya untuk mendapatkan
keamanan baik diri maupun hartanya dengan keharusan baginya (komitmen) didalam
membayarkan jizyah dan menerapkan hukum-hukum islam.
--------
Seorang non muslim bisa disebut dengan kafir dzimmiy
dikarenakan empat perkara :
1. Akad Dzimmah, yaitu dimana orang-orang kafir di
biarkan dgn kekafirannya dengan syarat memberikan jizyah dan berkomitmen dengan
hukum-hukum islam didalam urusan duniawiyah.
Tujuan dari ini adalah tidak memerangi orang-orang
dzimmiy ini dikarenakan adanya kemungkinan mereka masuk islam melalui cara
interaksinya dengan kaum muslimin dan setelah merasakan berbagai kebaikan
islam. Jumhur fuqaha mensyaratkan bahwa akad ini berlangsung selamanya.
2. Karena adanya berbagai bukti.
a. Menetap di daarul islam. Karena pada dasarnya seorang
non muslim yang bukan ahli dzimmah tidak diperbolehkan menetap selamanya di
daarul islam akan tetapi mereka diperbolehkan menetap di daarul islam untuk
waktu yang terbatas, sehingga mereka ini dinamakan Musta’min.
Jumhur fuqaha dari kalangan Hanafi. Syafi’i dan Hambali
berpendapat bahwa seorang musta’min tidaklah diperbolehkan menetap di daarul
islam kurang dari satu tahun. Jika orang itu ingin menetap di sana selama
setahun penuh atau lebih maka dirinya harus memberikan jizyah sehingga dia
menjadi seorang dzimmiy. Dan lamanya seorang non muslim tinggal di daarul islam
menjadi bukti bahwa dirinya ridho untuk menetap selamanya dan menerima berbagai
persyaratn ahli dzimmah.
b. Pernikahan seorang wanita dari kafir harbi dengan
seorang lelaki muslim atau seorang dzimmiy dikarenakan seorang istri mengikuti
suaminya.
c. Apabila seorang musta’min membeli tanah yang terkena
atasnya pajak di daarul islam lalu orang itu menanaminya kemudian ditetapkan
atasnya pajak maka orang itu praktis menjadi seorang dzimmiy.
3. Dikarenakan dirinya terbawa (sub ordinat), seperti :
seorang anak kecil menjadi ahli dzimmah karena terbawa orang tuanya yang ahli
dzimmah atau seorang anak yang ditemukan di suatu perkampungan atau daerah
gereja ahli dzimmah maka anak itu dianggap sebagai seorang dzimmiy.
4. Dikarenakan pembebasan suatu negeri. Jenis ini
terealisasi apabila kaum muslimin membebaskan negeri-negeri non muslim kemudian
Imam membiarkan para penduduknya bebas dengan dzimmah (perjanjian) dan
membayarkan jizyah sebagaimana dilakukan Umar bin Khottob terhadap para
penduduk Iraq.(disarikan dari al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 2488 – 2495)
Kronologi berdirinya Darul Islam
----------------------------------
حاشية الجمل على المنهج الجزء الخامس ص :
208 (دار الفكر)
(تنبيه) يؤخذ من قولهم
لأن محله دار إسلام أن كل محل قدر أهله فيه على الامتناع من الحربيين صار دار إسلام
وحينئذ فالظاهر أنه يتعذر عوده دار كفر وإن استولوا عليه كما صرح به الخبر الصحيح
"الإسلام يعلو ولا يعلى عليه" فقولهم لصار دار حرب المراد صيرورته كذلك صورة
لا حكما وإلا لزم أن ما استولوا عليه من دار الإسلام يصير دار حرب ولا أظن أصحابنا
يسمحون بذلك بل يلزم عليه فساد وهو أنهم لو استولوا على دار الإسلام فى ملك أهله ثم
فتحناها عنوة ملكناها على ملاكها وهو فى غاية البعد ثم رأيت الرافعى وغيره ذكروا نقلا
عن الأصحاب أن دار الإسلام ثلاثة أقسام
١- قسم يسكنه المسلمون
٢-وقسم فتحوه وأقروا أهله عليه بجزية ملكوه أو لا
٣-وقسم كانوا يسكنونه ثم غلب عليه الكفار
قال الرافعى وعدهم القسم الثانى يبين أنه يكفى فى
كونها دار إسلام كونها تحت استيلاء الإمام وإن لم يكن فيها مسلم قال وأما عدهم
الثالث فقد يوجد فى كلامهم ما يشعر بأن الاستيلاء القديم يكفى لاستمرار الحكم انتهت
Komentar
Posting Komentar