Shalatnya Mantan Penderita Stroke
Deskripsi Masalah
Stroke termasuk penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak, baik dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah. Gejala-gejala di antaranya kelemahan otot, kaku, menurunnya kemampuan mengucap, mendengar dan melihat, daya ingat menurun dan sebagainya. Menurut penelitian medis, dari 500 ribu orang yang terkena stroke, hanya 10-15 % bisa pulih kembali seperti sedia kala, sisanya mengalami cacat seperti penurunan gerakan lengan dan tungkai, kaku, bermasalah dalam berfikir dan mengingat, kesulitan bicara dan sebagainya, seperti yang dialami oleh seorang kyai. Ia pernah stroke yang menyebabkan dirinya kesulitan bicara sehingga tidak dapat melafadzkan huruf hijaiyah dengan sempurna dan tangannya kaku tidak bisa ditapakkan ketika sujud dalam shalatnya. Tetapi ia tetap menjadi imam shalat berjamaah bagi santri-santrinya. (PC LBM-NU Pamekasan)
Pertanyaan:
a. Sahkah kyai tersebut menjadi imam shalat berjamaah dalam kondisi demikian?
Jawaban:
Kesulitan bicara yang sampai menyebabkan berubahnya ma’na Fatihah tidak sah menjadi imam shalat berjamaah. Tetapi kalau tidak sampai menyebabkan berubahnya ma’na maka sah tapi makruh.
Sedangkan kecacatan anggota badan yang menyebabkan tidak sempurnanya gerakan shalat seperti tangan tidak bisa ditapakkan seperti kasus di atas maka tetap sah menjadi imam shalat berjamaah.
b. Bagaimana cara sujud dalam shalat bagi orang yang tangannya tidak bisa ditapakkan?
Jawaban
Dengan cara meletakkan tangan semampunya/sebisanya
Referensi :
1. I’anah al-Thalibin, Juz II, Hal 43-44 dan 46
2. al-Majmu’, Juz IV, Hal. 268-269
3. I’anah al-Thalibin, Juz I, Hal 164
وعبارته:
1. اعانة الطالبين، جـ2، صـ 43-44، 46
ولا قدوة قارئ بأمي وهو من يخل بالفاتحة أو بعضها ولو بحرف منها بأن يعجز عنه بالكلية او عن اخراجه من مخرجه او عن أصل تشديد وان لم يمكنه التعلم ولا علم بحاله لأنه لا يصلح لتحمل القراءة عنه لو ادركه راكعا –الى ان قال- وكره اقتداء بنحو تأتاء وفأفاء ولاحن بما لا يغير معنى كضم هاء لله وفتح دال نعبد فان لحن لحنا يغير المعنى فى فى الفاتحة كأنعمت بكسر أو ضم أبطل صلاة من أمكنه التعلم ولم يتعلم لأنه ليس بقرأن اهـ (قوله ولاحن بما لا يغير معنى) اي وكره اقتداء بلاحن بما لا يغير المعنى ويحرم تعمده مع صحة الصلاة والقدوة. (قوله فان لحن لحنا يغير المعنى الخ.) مقابل قوله بما لا يغير معنى والمراد بتغير المعنى أن ينقل معنى الكلية الى معنى اخر كضم تاء أنعمت وكسرها أو يصيرها لا معنى لها أصلا كالزين بالزاى أفاده البجيرمى اهـ وفى صحيفة 46: نصه: وصح اقتداء سليم بسلس للبول او المذي او الصراط وقائم بقاعد ومتوضئ بمتيمم لا تلزمه اعادة (قوله وقائم بقاعد) اي ويصح اقتداء قائم بقاعد لخبر البخارى عن عائشة رضي الله عنها أنه صلى الله عليه وسلم صلى فى مرض موته قاعدا وأبو بكر والناس قياما اهـ
وكذا فى المجموع، جـ4، صـ 268-269
2. اعانة الطالبين، جـ1، صـ164
ولو قطعت أصابع قدميه وقدر على وضع شيئ من بطنهما لم يجب لما اقتضاه كلام الشيخين ولا يجب التحامل عليها بل يسن ككشف غير الركبتين اهـ (قوله ولو قطعت أصابع الخ) عبارة النهاية ولو تعذر شيئ من هذه الأعضاء سقط الفرض بالنسبة اليه فلو قطعت يده من الزند لم يجب وضعه ولا وضع رجل قطعت أصابعها لفوات محل الفرض اهـ (قوله ولا يجب التحامل عليها) اي على هذه الأعضاء غير الجبهة وعبارة التحفة ولا يجب التحامل عليها بل يسن كما تصرح به عبارة التحقيق والمجموع والروضة بخلاف الجبهة لأنها المقصود الاعظم كما يجب كشفها والايماء بها وتقريبها من الأرض عند تعذر وضعها دون البقية اهـ
Stroke termasuk penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak, baik dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah. Gejala-gejala di antaranya kelemahan otot, kaku, menurunnya kemampuan mengucap, mendengar dan melihat, daya ingat menurun dan sebagainya. Menurut penelitian medis, dari 500 ribu orang yang terkena stroke, hanya 10-15 % bisa pulih kembali seperti sedia kala, sisanya mengalami cacat seperti penurunan gerakan lengan dan tungkai, kaku, bermasalah dalam berfikir dan mengingat, kesulitan bicara dan sebagainya, seperti yang dialami oleh seorang kyai. Ia pernah stroke yang menyebabkan dirinya kesulitan bicara sehingga tidak dapat melafadzkan huruf hijaiyah dengan sempurna dan tangannya kaku tidak bisa ditapakkan ketika sujud dalam shalatnya. Tetapi ia tetap menjadi imam shalat berjamaah bagi santri-santrinya. (PC LBM-NU Pamekasan)
Pertanyaan:
a. Sahkah kyai tersebut menjadi imam shalat berjamaah dalam kondisi demikian?
Jawaban:
Kesulitan bicara yang sampai menyebabkan berubahnya ma’na Fatihah tidak sah menjadi imam shalat berjamaah. Tetapi kalau tidak sampai menyebabkan berubahnya ma’na maka sah tapi makruh.
Sedangkan kecacatan anggota badan yang menyebabkan tidak sempurnanya gerakan shalat seperti tangan tidak bisa ditapakkan seperti kasus di atas maka tetap sah menjadi imam shalat berjamaah.
b. Bagaimana cara sujud dalam shalat bagi orang yang tangannya tidak bisa ditapakkan?
Jawaban
Dengan cara meletakkan tangan semampunya/sebisanya
Referensi :
1. I’anah al-Thalibin, Juz II, Hal 43-44 dan 46
2. al-Majmu’, Juz IV, Hal. 268-269
3. I’anah al-Thalibin, Juz I, Hal 164
وعبارته:
1. اعانة الطالبين، جـ2، صـ 43-44، 46
ولا قدوة قارئ بأمي وهو من يخل بالفاتحة أو بعضها ولو بحرف منها بأن يعجز عنه بالكلية او عن اخراجه من مخرجه او عن أصل تشديد وان لم يمكنه التعلم ولا علم بحاله لأنه لا يصلح لتحمل القراءة عنه لو ادركه راكعا –الى ان قال- وكره اقتداء بنحو تأتاء وفأفاء ولاحن بما لا يغير معنى كضم هاء لله وفتح دال نعبد فان لحن لحنا يغير المعنى فى فى الفاتحة كأنعمت بكسر أو ضم أبطل صلاة من أمكنه التعلم ولم يتعلم لأنه ليس بقرأن اهـ (قوله ولاحن بما لا يغير معنى) اي وكره اقتداء بلاحن بما لا يغير المعنى ويحرم تعمده مع صحة الصلاة والقدوة. (قوله فان لحن لحنا يغير المعنى الخ.) مقابل قوله بما لا يغير معنى والمراد بتغير المعنى أن ينقل معنى الكلية الى معنى اخر كضم تاء أنعمت وكسرها أو يصيرها لا معنى لها أصلا كالزين بالزاى أفاده البجيرمى اهـ وفى صحيفة 46: نصه: وصح اقتداء سليم بسلس للبول او المذي او الصراط وقائم بقاعد ومتوضئ بمتيمم لا تلزمه اعادة (قوله وقائم بقاعد) اي ويصح اقتداء قائم بقاعد لخبر البخارى عن عائشة رضي الله عنها أنه صلى الله عليه وسلم صلى فى مرض موته قاعدا وأبو بكر والناس قياما اهـ
وكذا فى المجموع، جـ4، صـ 268-269
2. اعانة الطالبين، جـ1، صـ164
ولو قطعت أصابع قدميه وقدر على وضع شيئ من بطنهما لم يجب لما اقتضاه كلام الشيخين ولا يجب التحامل عليها بل يسن ككشف غير الركبتين اهـ (قوله ولو قطعت أصابع الخ) عبارة النهاية ولو تعذر شيئ من هذه الأعضاء سقط الفرض بالنسبة اليه فلو قطعت يده من الزند لم يجب وضعه ولا وضع رجل قطعت أصابعها لفوات محل الفرض اهـ (قوله ولا يجب التحامل عليها) اي على هذه الأعضاء غير الجبهة وعبارة التحفة ولا يجب التحامل عليها بل يسن كما تصرح به عبارة التحقيق والمجموع والروضة بخلاف الجبهة لأنها المقصود الاعظم كما يجب كشفها والايماء بها وتقريبها من الأرض عند تعذر وضعها دون البقية اهـ
Komentar
Posting Komentar