KERJA SAMA POM MINI

RUMUSAN BAHTSUL MASAIL
PC LBM NU KABUPATEN PASURUAN
DI PONDOK PESANTREN AL-YASINI, ARENG-ARENG WONOREJO PASURUAN
Ahad, 30-31 MARET 2019 M

1. Deskripsi Masalah:

Pak Komar mempunyai usaha pom mini yang cukup lumayan, ada sepuluh unit usaha yang ia miliki, sebenarnya ia tidak memiliki lahan untuk mengelola pom mini sebanyak itu. Akan tetapi, dia bekerjasama dengan orang-orang yang siap diajak kerjasama, sebut saja salah satu orang itu adalah Pak Nashor.
Dalam prakteknya, ada kesepakatan antara keduanya, yaitu Pak Komar menyediakan mesin pom mini serta pengadaan BBM (kulak : Jawa), sedangkan pak Nasor sebagai mitra bisnis menyediakan lahan, tempat dan listrik termasuk juga menjaga keamanan dan melayani pembeli. Untuk keuntungan dari laba adalah 60% untuk Pak Komar dan 40% untuk Pak Nashor. Keuntungan itu bisa dibagikan harian, mingguan atau bulanan tergantung kondisi dan permintaan/kesepakatan dari keduanya.
Dalam kemitraan usaha pom mini ini, ada juga praktek lain di samping ada beberapa ksepakatan tersebut di atas, yaitu Pak Komar memberikan sejumlah modal awal smisal Rp 10 jt kepada Pak Nashor untuk pengadaan BBM (kulak: Jawa) dan modal tersebut diputar untuk seterusnya oleh Pak Nashor, dengan bagi hasil yang sama dengan praktek yang pertama.

Pertanyaan :

a. Menurut perspektif Fiqh, akad apakah yang paling tepat sebagai pedoman Pak Komar dan Pak Nashor agar kerjasama bisnis yang dijalankan mereka berdua menjadi rezeki yang halal?

Jawaban :

Agar menjadi rizki yang halal, untuk praktek yang pertama adalah dengan cara tarodli dan tidak ada akad yang mengikat, yakni pak Komar dan pak Nasor saling ridlo dengan apa yang mereka berdua beri dan terima baik berupa fasilitas, amal maupun pembagian laba dari hasil penjualan BBM. Sedangkan untuk praktek yang kedua adalah akad qirodl/mudlorobah yang sohih

Referensi

حاشية الشربيني على الغرر البهية شرح البهجة الوردية ج 3 ص 311
فلو قال: أجرتك هذا بملء كفي دراهم لم يصح، وكذا لو أجره بنفقته، وكسوته وهذا لا ينافيه جواز الحج بالرزق؛ لأنه ليس بإجارة كما اقتضاه قول الشرح الصغير، والروضة يجوز الحج بالرزق كما يجوز بالإجارة، بل هو نوع من التراضي، والمعونة كما أشار إليه البيهقي، واختاره السبكي.
---------------------------------
(قوله): بل هو نوع من التراضي) يعني أن العامل يتبرع على صاحبه بالحج وصاحبه يتبرع عليه بالنفقة، ومثله ما يقع أن المالك يقول لآخر: بع هذا بكذا، وما زاد فهو لك فإن امتنع المالك بعد من دفع الزائد فلا شيء للآخر؛ إذ ليس هنا عقد فاسد، ولا صحيح. اهـ. ناشري.

حاشية البجيرمي على الخطيب (8/ 423)
فصل : في القراض وهو مشتق من القرض وهو القطع سمي بذلك لأن المالك قطع للعامل قطعة من ماله يتصرف فيها وقطعة من الربح ويسمى أيضا مضاربة ومقارضة .
والأصل فيه الإجماع والحاجة واحتج له الماوردي بقوله تعالى : { ليس عليكم جناح أن تبتغوا فضلا من ربكم } { وبأنه صلى الله عليه وسلم ضارب لخديجة رضي الله تعالى عنها بمالها إلى الشام ، وأنفذت معه عبدها ميسرة } وحقيقته توكيل مالك بجعل ماله بيد آخر ليتجر فيه والربح مشترك بينهما

b. Adakah perbedaan hukum jika hal itu dilakukan oleh lembaga semisal pondok pesantren, madrasah, koprasi dll.?

Jawaban :

Ada perbedaan hukum yakni untuk lembaga tidak bisa menerapkan praktek yang pertama, karna lembaga tidak bisa tabarru’ karna lembaga itu bertatus sebagai mahjur alaih dan untuk soluisnya harus menggunakan praktek yang kedua dengan akad qirodl atau mudlorobah

Referensi :

كفاية الأخيار في حل غاية الإختصار (1/ 291)
فشرط المعير أن يكون أهلاً للتبرع فلا تصح من المحجور عليه

الفقه الإسلامي وأدلته (4/ 735)
ومال الوقف وبيت المال حكمه حكم مال اليتيم

حاشية البجيرمي على الخطيب (8/ 423)
فصل : في القراض وهو مشتق من القرض وهو القطع سمي بذلك لأن المالك قطع للعامل قطعة من ماله يتصرف فيها وقطعة من الربح ويسمى أيضا مضاربة ومقارضة .
والأصل فيه الإجماع والحاجة واحتج له الماوردي بقوله تعالى : { ليس عليكم جناح أن تبتغوا فضلا من ربكم } { وبأنه صلى الله عليه وسلم ضارب لخديجة رضي الله تعالى عنها بمالها إلى الشام ، وأنفذت معه عبدها ميسرة } وحقيقته توكيل مالك بجعل ماله بيد آخر ليتجر فيه والربح مشترك بينهما

المجموع شرح المهذب ج 13 ص 347
(فرع) قال الشافعي رضى الله عنه: وأحب أن يتجر الوصي بأموال من يلى عليه ولا ضمان، وجملة ذلك أنه يجور للناظر في مال الصبى أن يتجر في ماله، سواء كان الناظر أبا أو جدا أو وصيا أو أمينا من قبل الحاكم لما روى عبد الله ابن عمرو إن النبي صلى الله عليه وسلم قال: من ولى يتيما له مال فليتجر له، ولا يتركه حتى تأكله الصدقة ".
(قلت) ولان ذلك أحظ للمولى عليه لتكون نفقته من الربح.
هكذا قال عامة أصحابنا إلا الصيمري، فانه قال.
لا يتجر له في هذا الزمان لفساده وجور السلطان على التجار، بل يشترى له الارض، أو ما فيه منفعة، فان اتجر له لم يتجر له إلا في طريق مأمون


Komentar

Postingan Populer