Towaf yang tidak meluruskan bahu kiri ke Ka'bah
DESKRIPSI
Ibadah haji dan umroh adalah ibadah yg menjadi dambaan setiap orang baik yg kaya maupun yang miskin yang alim atau yg awam tak terkecuali MAHMUDAH yg notabene tdk punya latar belakang ilmu yg memadai terbukti saat MAHMUDAH melakukan tawaf terkesan seenaknya sendiri kadang dia selfi kadang dia lari sambil mengejar temannya karena takut dia ketinggalan di mana perbuatannya tsb berakibat bahu kirinya tdk lurus ke ka'bah (keluar dari ka'bah).
PERTANYAN
Sahkah TAWAFNYA mahmudah tsb menurut pandangan dari salah satu 4 madzhab.
Sail admin
JAWABAN
√. Tawaf dengan posisi bahu kiri tdk lurus pada ka'bah terdapat dua wajah, dan menurut Imam al romli wajah yg paling ashoh mengatakan thawafnya tidak sah, namun ada sebagian ash-habus syafi'i termasuk imam al baghowi Imam al mutawalli dan Al ruyani mengatakan sah bahkan tawaf dengan cara berjalan mundur atau berjalan miring dg posisi membelakangi ka'bah di hukumi sah hanya saja tawaf dengan cara demikian itu di sebut su'ul adab, namun Imam nawawi dalam kitab majmu'nya menegaskan bahwa thawaf dg cara berjalan mundur atau berjalan miring di anggap menyalahi aturan syara'
Referensi
وقال أبو حنيفة: إذا طاف منكوسًا فقد أساء وإن كان بمكة يلزمه الإعادة، وإن فارقها يجزئه، وعليه دم واحتج بانه أتى بالطواف، وإنما ترك هيئة من هيئاته، فأشبه إذا ترك الرّمل، وهذا غلط لأن النبي صلى الله عليه وسلم ترك البيت في طوافه عن جانب اليسار، وقال: "خذوا عني مناسككم"، ولأن هذه عبادة بالبيت فكان الترتيب فيها شرط كالصلاة.
فرع
لو طاف وجعل ظهره إلى البيت لا نص فيه ولكن قال أصحابنا: يجزئه، لأنه حصل الطواف بالبيت والترتيب .
فرع آخر : لو مشي في الطواف متقهقرًا إلى خلف بأن جعل يمينه نحو البيت ومشى إلى خلف من جانب الركنين الشاميين، فقد أساء ويجزئه لأن دورانه موافق لما ورد به الشرع، ولكن مشيه بخلاف العادة
[الروياني، عبد الواحد، بحر المذهب للروياني، ٤٩٠/٣]
(الرَّابِعَةُ) يَنْبَغِي لَهُ فِي طَوَافِهِ أَنْ يَجْعَلَ الْبَيْتَ عَلَى يَسَارِهِ وَيَمِينُهُ إلَى خَارِجٍ وَيَدُورَ حَوْلَ الْكَعْبَةِ كَذَلِكَ فَلَوْ خَالَفَ فَجَعَلَ الْبَيْتَ عَنْ يَمِينِهِ وَمَرَّ مِنْ الْحَجَرِ الْأَسْوَدِ إلَى الرُّكْنِ الْيَمَانِي لَمْ يَصِحَّ طَوَافُهُ بِلَا خِلَافٍ عِنْدَنَا
وَلَوْ لَمْ يَجْعَلْ الْبَيْتَ عَلَى يَمِينِهِ وَلَا يَسَارِهِ بَلْ اسْتَقْبَلَهُ بِوَجْهِهِ مُعْتَرِضًا وَطَافَ كَذَلِكَ أَوْ جَعَلَ الْبَيْتَ عَلَى يَمِينِهِ وَمَشَى قَهْقَرَى إلَى جِهَةِ الْبَابِ فَفِي صِحَّةِ طَوَافِهِ وَجْهَانِ حَكَاهُمَا الرَّافِعِيُّ
قَالَ الرَّافِعِيُّ (أَصَحُّهُمَا) لَا يَصِحُّ
قَالَ وَهُوَ الْمُوَافِقُ لِعِبَارَةِ الاكثرين
وَجَزَمَ الْبَغَوِيّ وَالْمُتَوَلِّي فِي صُورَةِ مَنْ جَعَلَ الْبَيْتَ عَنْ يَمِينِهِ وَمَشَى قَهْقَرَى بِأَنَّهُ يَصِحُّ لَكِنْ يُكْرَهُ (وَالْأَصَحُّ) الْبُطْلَانُ كَمَا سَبَقَ
قَالَ الرَّافِعِيُّ وَكَانَ الْقِيَاسُ جَرَيَانَ هَذَا الْخِلَافِ فِيمَا لَوْ مَرَّ مُعْتَرِضًا مُسْتَدْبِرًا هَذَا كَلَامُهُ ( وَالصَّوَابُ) فِي هَذِهِ الصُّورَةِ الْقَطْعُ بِأَنَّهُ لَا يَصِحُّ فَإِنَّهُ مُنَابِذٌ لِمَا وَرَدَ الشَّرْعُ بِهِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
[النووي ,المجموع شرح المهذب ,8/33]
√. Sedangkan terkait tawaf sambil mengejar / mencari temannya yang hilang dalam madzhab syafi'i terdapat hilaf, menurut Qoul ashoh tawafnta tdk sah kecuali mengulang dari posisi dimana pembelokan niat itu terjadi.
Dan menurut Muqobil ashoh di hukumi sah meski ada pengalihan niat.
Referensi
فتح العلام بشرح مرشد الأنام .
تنبيهان :
١. ما ذكر من اشتراط عدم الصارف هو الأصح كما في شرحي الرملي والجلال على المنهاج.
Ibadah haji dan umroh adalah ibadah yg menjadi dambaan setiap orang baik yg kaya maupun yang miskin yang alim atau yg awam tak terkecuali MAHMUDAH yg notabene tdk punya latar belakang ilmu yg memadai terbukti saat MAHMUDAH melakukan tawaf terkesan seenaknya sendiri kadang dia selfi kadang dia lari sambil mengejar temannya karena takut dia ketinggalan di mana perbuatannya tsb berakibat bahu kirinya tdk lurus ke ka'bah (keluar dari ka'bah).
PERTANYAN
Sahkah TAWAFNYA mahmudah tsb menurut pandangan dari salah satu 4 madzhab.
Sail admin
JAWABAN
√. Tawaf dengan posisi bahu kiri tdk lurus pada ka'bah terdapat dua wajah, dan menurut Imam al romli wajah yg paling ashoh mengatakan thawafnya tidak sah, namun ada sebagian ash-habus syafi'i termasuk imam al baghowi Imam al mutawalli dan Al ruyani mengatakan sah bahkan tawaf dengan cara berjalan mundur atau berjalan miring dg posisi membelakangi ka'bah di hukumi sah hanya saja tawaf dengan cara demikian itu di sebut su'ul adab, namun Imam nawawi dalam kitab majmu'nya menegaskan bahwa thawaf dg cara berjalan mundur atau berjalan miring di anggap menyalahi aturan syara'
Referensi
وقال أبو حنيفة: إذا طاف منكوسًا فقد أساء وإن كان بمكة يلزمه الإعادة، وإن فارقها يجزئه، وعليه دم واحتج بانه أتى بالطواف، وإنما ترك هيئة من هيئاته، فأشبه إذا ترك الرّمل، وهذا غلط لأن النبي صلى الله عليه وسلم ترك البيت في طوافه عن جانب اليسار، وقال: "خذوا عني مناسككم"، ولأن هذه عبادة بالبيت فكان الترتيب فيها شرط كالصلاة.
فرع
لو طاف وجعل ظهره إلى البيت لا نص فيه ولكن قال أصحابنا: يجزئه، لأنه حصل الطواف بالبيت والترتيب .
فرع آخر : لو مشي في الطواف متقهقرًا إلى خلف بأن جعل يمينه نحو البيت ومشى إلى خلف من جانب الركنين الشاميين، فقد أساء ويجزئه لأن دورانه موافق لما ورد به الشرع، ولكن مشيه بخلاف العادة
[الروياني، عبد الواحد، بحر المذهب للروياني، ٤٩٠/٣]
(الرَّابِعَةُ) يَنْبَغِي لَهُ فِي طَوَافِهِ أَنْ يَجْعَلَ الْبَيْتَ عَلَى يَسَارِهِ وَيَمِينُهُ إلَى خَارِجٍ وَيَدُورَ حَوْلَ الْكَعْبَةِ كَذَلِكَ فَلَوْ خَالَفَ فَجَعَلَ الْبَيْتَ عَنْ يَمِينِهِ وَمَرَّ مِنْ الْحَجَرِ الْأَسْوَدِ إلَى الرُّكْنِ الْيَمَانِي لَمْ يَصِحَّ طَوَافُهُ بِلَا خِلَافٍ عِنْدَنَا
وَلَوْ لَمْ يَجْعَلْ الْبَيْتَ عَلَى يَمِينِهِ وَلَا يَسَارِهِ بَلْ اسْتَقْبَلَهُ بِوَجْهِهِ مُعْتَرِضًا وَطَافَ كَذَلِكَ أَوْ جَعَلَ الْبَيْتَ عَلَى يَمِينِهِ وَمَشَى قَهْقَرَى إلَى جِهَةِ الْبَابِ فَفِي صِحَّةِ طَوَافِهِ وَجْهَانِ حَكَاهُمَا الرَّافِعِيُّ
قَالَ الرَّافِعِيُّ (أَصَحُّهُمَا) لَا يَصِحُّ
قَالَ وَهُوَ الْمُوَافِقُ لِعِبَارَةِ الاكثرين
وَجَزَمَ الْبَغَوِيّ وَالْمُتَوَلِّي فِي صُورَةِ مَنْ جَعَلَ الْبَيْتَ عَنْ يَمِينِهِ وَمَشَى قَهْقَرَى بِأَنَّهُ يَصِحُّ لَكِنْ يُكْرَهُ (وَالْأَصَحُّ) الْبُطْلَانُ كَمَا سَبَقَ
قَالَ الرَّافِعِيُّ وَكَانَ الْقِيَاسُ جَرَيَانَ هَذَا الْخِلَافِ فِيمَا لَوْ مَرَّ مُعْتَرِضًا مُسْتَدْبِرًا هَذَا كَلَامُهُ ( وَالصَّوَابُ) فِي هَذِهِ الصُّورَةِ الْقَطْعُ بِأَنَّهُ لَا يَصِحُّ فَإِنَّهُ مُنَابِذٌ لِمَا وَرَدَ الشَّرْعُ بِهِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
[النووي ,المجموع شرح المهذب ,8/33]
√. Sedangkan terkait tawaf sambil mengejar / mencari temannya yang hilang dalam madzhab syafi'i terdapat hilaf, menurut Qoul ashoh tawafnta tdk sah kecuali mengulang dari posisi dimana pembelokan niat itu terjadi.
Dan menurut Muqobil ashoh di hukumi sah meski ada pengalihan niat.
Referensi
فتح العلام بشرح مرشد الأنام .
تنبيهان :
١. ما ذكر من اشتراط عدم الصارف هو الأصح كما في شرحي الرملي والجلال على المنهاج.
السلام عليكم يا استاذ,
BalasHapusIzin bertanya,
Pertama,
Bagaimana misalnya saat memulai tawaf dari hajar aswad dng meluruskan bahu kiri kita, tapi langkah kaki lbh maju (tdk lurus dng hajar aswad).
Dan yg kedua,
Bagaimana pula apabila kita memulai tawaf cuma dng melewati hajar aswad, yakni tdk berhenti meluruskan bahu kiri ke hajar aswad, dan cara ini bisa memungkinkan langkah kaki kita lbh dulu sampai ke hajar aswad yakni tdk bareng dng badan atau pundak kiri
Apakah cukup dan shah ustadz?
جزاك الله خيرا