PANDUAN TAJHIZUL MAYYIT 11
P E N T I N G
Hidangan yang di buat oleh keluarga mayyit pada ssat salah satu keluarganya meninggal, adalah teradisi yang sudah turun temurun dan sangat mengakar di benak kebanyakan masarakat kita, jangankan bicara tentang memberantasnya, hanya sekedar tidak ikut tradisi merekapun (selamatan) sudah di tuduh macam-macam,
Nah.! Sebenarnya adakah dalil-dalil dari hadits yang menganjurkannya, atau minimal yang memperbolehkan tentang selamatan untuk mayyit tersebut..?
Berikut ini cuplikan jawaban dari Al-allamah Syekh Isma`il Utsman Zen Al yamany dalam kitabnya
Rosaa-il Fi Khomsi masa-il
1 وعن عاصم بن كليب عن أبيه عن رجل من الأنصار قال خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في جنازة فرأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو على القبر يوصي الحافر أوسع من قبل رجليه أوسع من قبل رأسه. فلما رجع استقبله داعي امرأته فأجاب ونحن معه فجيء بالطعام فوضع يده ثم وضع القوم فأكلوا فنظرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم يلوك لقمة في فيه ثم قال أجد لحم شاة أخذت بغير إذن أهلها. فأرسلت المرأة تقول يا رسول الله إني أرسلت إلى النقيع وهو موضع يباع فيه الغنم ليشتري لي شاة فلم توجد فأرسلت إلى جارٍ لي قد اشترى شاة أن يرسل إليّ بثمنها فلم يوجد فأرسلت إلى امرأته فأرسلت إلي بها. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم أطعمي هذا الطعام الأسرى. رواه أبو داود والبيهقي في دلائل النبوة إهـ وفي المشكاة: "داعى امرأته" بالإضافة إلى الضمير. قال القاري: "أي زوجة المتوفى" رسائل في خمس مسائل/ أرشيف ملتقى أهل الحديث - 2 - 12 / 40
Dari `Ashim bin kulaib dari ayahnya dari seorang laki-laki dari sahabat anshor dia berkata: suatu ketika kami keluar bersama Rosululloh SAW dalam rangka keperluan jenazah, lalu saya melihat Rosululloh SAW. berada di atas kuburan sedang menyampaikan pesan kepada penggali kubur Luaskan bagian sisi kedua kaki mayyit, luaskan pula bagian sisi kepala mayyit kemudian pada saat Rosululloh pulang dari pemakaman, Rosululloh di papas oleh utusan dari istri mayyit yang mengundangNya untuk datang, lalu Rosululloh mendatangi undangan tersebut bersama sahabatNya, disana beliau di jamu dengan sebuah hidangan, lalu beliau mengambilnya dan di ikuti para sahabatnya, dalam pada saat itu, kami melihat beliau sedang mengunyah sesuap makanan didalam lisannya, lalu beliau berkata Saya menemukan sepotong daging kambing yang di ambil tanpa seizin pemiliknya”
Lalu di hadapan baginda Nabi, istri mayyit berkata : suatu ketika saya pernah mengirim seorang utusan untuk menyampaikan surat kepada `Amir bin abi waqqosh, saya pernah mengutus utusan untuk membeli seekor kambing di pasar baqii` namun tidak berhasil, kemudian saya ingat.. bahwa kamu (Amir bin abi waqqosh) pernah membeli seekor kambing, maka dengan ini saya berharap agar kamu menjual kambing itu kepadaku dengan harga senilai pembelian kamu demikianlah bunyi suratnya.
Namun ternyata Amir bin abi waqqosh tidak ada di tempat yang ada hanyalah istrinya, kemudian dari istri Amir bin abi waqqos itulah saya membeli kambing (tanpa sepengetahuan suaminya). kemudian baginda Nabi bersabda : Berikan makanan ini kepada para tawanan.
2 ورواه الأئمة والحفاظ منهم سكتوا عن أي مطعن في متنه أو سنده فدل على أنه لا يقصر عن رتبة الحجية في الأحكام. فهو إما صحيح أو حسن وكل منهما بقسميه المعروفين عند أهل العلم بالحديث وأصوله حجة يحتج به في الحلال والحرام وغيرهما من أولى.
فرواية الإمام أبي داود له وسكوته عنه دليل على صلاحيته لذلك. وذلك جار على اصطلاحه في سننه أن ما سكت عليه من الأحاديث فهو صالح. ومعنى كونه صالحا أنه صالح للإحتجاج به. وسكون الحافظ البيهقي في سننه مستدلا به على ثبوت ما يدل عليه من الحكم في باب البيع يدل على ذلك أيضا بالأولى
ورجال إسناده كلهم ثقات. رسائل في خمس مسائل
Hadits ini di riwayatkan oleh beberapa imam dan para Huffadz, mereka sama sekali tidak ada yang mencela baik terhadap matan hadits atau sanadnya, dengan demikian Hadits ini bisa di buat hujjah dalam menentukan hukum, kedudukan Hadits ini boleh jadi sohih atau hasan yang mana kedua derajat (sohih/hasan) tersebut, menurut pakar hadits bisa di jadikan dasar untuk mencetuskan sebuah hukum halal atau haram, apalagi untuk selain hukum.!..dan semua Rowi Hadits ini adalah Tsiqoot (kredibel/terpercaya).
.3 ومنها مسألة مهمة ولأجلها كانت كتابة هذه الرسالة، وهي ما يصنعه أهل الميت من الوليمة ودعاء الناس إليها للأكل فإن ذلك جائز كما يدل عليه الحديث المذكور بل هو قربة من القرب لأنه إما أن يكون بقصد حصول الأجر والثواب للميت، وذلك من أفضل القربات التي تلحق الميت باتفاق. وإما أن يكون بقصد إكرام الضيف والتسلي عن المصاب وبعدا عن إظهار الحزن، وذلك أيضا من القربات والطاعات التي يرضاها رب العالمين ويثيب فاعلها ثوابا عظيما. وسواء كان ذلك يوم الوفاة عقب الدفن كما فعلته زوجة الميت المذكورة في الحديث أو بعد ذلك. فالحديث نص صريح في مشروعية ذلك، وأما استحسانه والترغيب فيه وأنه قربة وطاعة فمستفاد من معنى المشروعية وحكمتها جريا على قواعد أهل الشرع وأصولهم. ولا ينافي ذلك الحديث المشهور، وهو قوله صلى الله عليه وسلم{اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم رسائل في خمس مسائل
Teradisi keluarga mayyit menyediakan makanan kemudian mengundang para tetangga untuk makan-makan Adalah boleh, sebagaimana tersirat dalam hadits Yang di riwayatkan oleh `Ashim bin kulaib, Bahkan termasuk bagian dari ibadah, karena yang melakukan teradisi tersebut adakalanya bertujuan agar mendapatkan pahala untuk kemudian di hadiahkan kepada mayyit, dan adakalanya bertujuan menghormati tamu yang datang, atau ingin segera terlepas dari duka yang menimpanya, bukan bertujuan menampakkan kesedihan pada orang lain, hal tersebut baik di lakukan pada saat setelah pemakaman, atau di hari-hari berikutnya.
4 {اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم}. لأن هذا الحديث يختمل أن يكون خاصا بآل جعفر رضي الله عنه وعنهم أجمعين، وأن النبي صلى الله عليه وسلم رأى من شدة حزنهم أنهم لا يستطيعون أن يصنعوا لأنفسهم طعاما فأمر أهل بيته أن يصنعوا لهم ذلك، لأن الخطاب في الحديث لبعض أزواج رسول الله صلى الله عليه وسلم. قال ذلك حينما بلغه حال آل جعفر رضي الله عنهم. فحينئذ يكون هذا الحديث إنما خصوصية لآل جعفر وواقعة عين فلا ينهض به الاستدلال على منع الوليمة من أهل الميت ولم يقل النبي صلى الله عليه وسلم من مات له ميت فلا يولم ولا يطعم الناس ولم يجئ في الحديث نهي رسول الله صلى الله عليه وسلم أهل الميت عن الوليمة وأن بطعموا غيرهم. بل الذي جاء في الحديث أن أهل الميت أولموا وأطعموا ودعوا الرسول صلى الله عليه وسلم ومن معه فأجاب دعوتهم وأقرهم على ذلك ولم ينكر عليهم إلا أخذ الشاة بغير بيع صحيح وبغير رضا مالكها.
رسائل في خمس مسائل
Nabi SAW. Bersabda :
حدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا كَانَتْ إِذَا مَاتَ الْمَيِّتُ مِنْ أَهْلِهَا فَاجْتَمَعَ لِذَلِكَ النِّسَاءُ ثُمَّ تَفَرَّقْنَ إِلَّا أَهْلَهَا وَخَاصَّتَهَا أَمَرَتْ بِبُرْمَةٍ مِنْ تَلْبِينَةٍ فَطُبِخَتْ ثُمَّ صُنِعَ ثَرِيدٌ فَصُبَّتْ التَّلْبِينَةُ عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَتْ كُلْنَ مِنْهَا فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ التَّلْبِينَةُ مُجِمَّةٌ لِفُؤَادِ الْمَرِيضِ تَذْهَبُ بِبَعْضِ الْحُزْنِ صحيح البخاري ـ مشكول - (17 / 32)
Sebuah sejarah, dimana Sayyidah `Aisah ketika keluarganya ada yang meninggal dunia, maka berkumpulah para kaum wanita karena kematian tersebut, kemudian setelah itu bubar berpencar-pencar kecuali keluarga dan orang pentingnya Sayyidah Aisah, pada saat itu Sayyidah Aisah menyuruh mengambil burmah (periuk dari batu) yang berisi keju kemudian dimasaknya, dan keju setelah matang lalu di tuangkan ke atas jenang tsarid yang telah di buatnya, dan setelah semua selesai Sayyidah Aisah berkata : makanlah kalian semua.
رسائل في خمس مسائل (موقف المصلى على الجنازة -الحلق والتقصير-استعمال مكبرات الصوت -الوليمة من أهل الميت- الصلاة في الطيارة )
بقلم الفقير إلى عفو الله تعالى إسماعيل عثمان زين اليمني المكي الشافعي عفى الله تعالى عنه آمين
T A M M A T
DI SUSUN OLEH MOCH.THOHA
PP. NURUL-HUDA
Wonosalam Rejosalam Pasrepan Pasuruan
Hidangan yang di buat oleh keluarga mayyit pada ssat salah satu keluarganya meninggal, adalah teradisi yang sudah turun temurun dan sangat mengakar di benak kebanyakan masarakat kita, jangankan bicara tentang memberantasnya, hanya sekedar tidak ikut tradisi merekapun (selamatan) sudah di tuduh macam-macam,
Nah.! Sebenarnya adakah dalil-dalil dari hadits yang menganjurkannya, atau minimal yang memperbolehkan tentang selamatan untuk mayyit tersebut..?
Berikut ini cuplikan jawaban dari Al-allamah Syekh Isma`il Utsman Zen Al yamany dalam kitabnya
Rosaa-il Fi Khomsi masa-il
1 وعن عاصم بن كليب عن أبيه عن رجل من الأنصار قال خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في جنازة فرأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو على القبر يوصي الحافر أوسع من قبل رجليه أوسع من قبل رأسه. فلما رجع استقبله داعي امرأته فأجاب ونحن معه فجيء بالطعام فوضع يده ثم وضع القوم فأكلوا فنظرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم يلوك لقمة في فيه ثم قال أجد لحم شاة أخذت بغير إذن أهلها. فأرسلت المرأة تقول يا رسول الله إني أرسلت إلى النقيع وهو موضع يباع فيه الغنم ليشتري لي شاة فلم توجد فأرسلت إلى جارٍ لي قد اشترى شاة أن يرسل إليّ بثمنها فلم يوجد فأرسلت إلى امرأته فأرسلت إلي بها. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم أطعمي هذا الطعام الأسرى. رواه أبو داود والبيهقي في دلائل النبوة إهـ وفي المشكاة: "داعى امرأته" بالإضافة إلى الضمير. قال القاري: "أي زوجة المتوفى" رسائل في خمس مسائل/ أرشيف ملتقى أهل الحديث - 2 - 12 / 40
Dari `Ashim bin kulaib dari ayahnya dari seorang laki-laki dari sahabat anshor dia berkata: suatu ketika kami keluar bersama Rosululloh SAW dalam rangka keperluan jenazah, lalu saya melihat Rosululloh SAW. berada di atas kuburan sedang menyampaikan pesan kepada penggali kubur Luaskan bagian sisi kedua kaki mayyit, luaskan pula bagian sisi kepala mayyit kemudian pada saat Rosululloh pulang dari pemakaman, Rosululloh di papas oleh utusan dari istri mayyit yang mengundangNya untuk datang, lalu Rosululloh mendatangi undangan tersebut bersama sahabatNya, disana beliau di jamu dengan sebuah hidangan, lalu beliau mengambilnya dan di ikuti para sahabatnya, dalam pada saat itu, kami melihat beliau sedang mengunyah sesuap makanan didalam lisannya, lalu beliau berkata Saya menemukan sepotong daging kambing yang di ambil tanpa seizin pemiliknya”
Lalu di hadapan baginda Nabi, istri mayyit berkata : suatu ketika saya pernah mengirim seorang utusan untuk menyampaikan surat kepada `Amir bin abi waqqosh, saya pernah mengutus utusan untuk membeli seekor kambing di pasar baqii` namun tidak berhasil, kemudian saya ingat.. bahwa kamu (Amir bin abi waqqosh) pernah membeli seekor kambing, maka dengan ini saya berharap agar kamu menjual kambing itu kepadaku dengan harga senilai pembelian kamu demikianlah bunyi suratnya.
Namun ternyata Amir bin abi waqqosh tidak ada di tempat yang ada hanyalah istrinya, kemudian dari istri Amir bin abi waqqos itulah saya membeli kambing (tanpa sepengetahuan suaminya). kemudian baginda Nabi bersabda : Berikan makanan ini kepada para tawanan.
2 ورواه الأئمة والحفاظ منهم سكتوا عن أي مطعن في متنه أو سنده فدل على أنه لا يقصر عن رتبة الحجية في الأحكام. فهو إما صحيح أو حسن وكل منهما بقسميه المعروفين عند أهل العلم بالحديث وأصوله حجة يحتج به في الحلال والحرام وغيرهما من أولى.
فرواية الإمام أبي داود له وسكوته عنه دليل على صلاحيته لذلك. وذلك جار على اصطلاحه في سننه أن ما سكت عليه من الأحاديث فهو صالح. ومعنى كونه صالحا أنه صالح للإحتجاج به. وسكون الحافظ البيهقي في سننه مستدلا به على ثبوت ما يدل عليه من الحكم في باب البيع يدل على ذلك أيضا بالأولى
ورجال إسناده كلهم ثقات. رسائل في خمس مسائل
Hadits ini di riwayatkan oleh beberapa imam dan para Huffadz, mereka sama sekali tidak ada yang mencela baik terhadap matan hadits atau sanadnya, dengan demikian Hadits ini bisa di buat hujjah dalam menentukan hukum, kedudukan Hadits ini boleh jadi sohih atau hasan yang mana kedua derajat (sohih/hasan) tersebut, menurut pakar hadits bisa di jadikan dasar untuk mencetuskan sebuah hukum halal atau haram, apalagi untuk selain hukum.!..dan semua Rowi Hadits ini adalah Tsiqoot (kredibel/terpercaya).
.3 ومنها مسألة مهمة ولأجلها كانت كتابة هذه الرسالة، وهي ما يصنعه أهل الميت من الوليمة ودعاء الناس إليها للأكل فإن ذلك جائز كما يدل عليه الحديث المذكور بل هو قربة من القرب لأنه إما أن يكون بقصد حصول الأجر والثواب للميت، وذلك من أفضل القربات التي تلحق الميت باتفاق. وإما أن يكون بقصد إكرام الضيف والتسلي عن المصاب وبعدا عن إظهار الحزن، وذلك أيضا من القربات والطاعات التي يرضاها رب العالمين ويثيب فاعلها ثوابا عظيما. وسواء كان ذلك يوم الوفاة عقب الدفن كما فعلته زوجة الميت المذكورة في الحديث أو بعد ذلك. فالحديث نص صريح في مشروعية ذلك، وأما استحسانه والترغيب فيه وأنه قربة وطاعة فمستفاد من معنى المشروعية وحكمتها جريا على قواعد أهل الشرع وأصولهم. ولا ينافي ذلك الحديث المشهور، وهو قوله صلى الله عليه وسلم{اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم رسائل في خمس مسائل
Teradisi keluarga mayyit menyediakan makanan kemudian mengundang para tetangga untuk makan-makan Adalah boleh, sebagaimana tersirat dalam hadits Yang di riwayatkan oleh `Ashim bin kulaib, Bahkan termasuk bagian dari ibadah, karena yang melakukan teradisi tersebut adakalanya bertujuan agar mendapatkan pahala untuk kemudian di hadiahkan kepada mayyit, dan adakalanya bertujuan menghormati tamu yang datang, atau ingin segera terlepas dari duka yang menimpanya, bukan bertujuan menampakkan kesedihan pada orang lain, hal tersebut baik di lakukan pada saat setelah pemakaman, atau di hari-hari berikutnya.
4 {اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم}. لأن هذا الحديث يختمل أن يكون خاصا بآل جعفر رضي الله عنه وعنهم أجمعين، وأن النبي صلى الله عليه وسلم رأى من شدة حزنهم أنهم لا يستطيعون أن يصنعوا لأنفسهم طعاما فأمر أهل بيته أن يصنعوا لهم ذلك، لأن الخطاب في الحديث لبعض أزواج رسول الله صلى الله عليه وسلم. قال ذلك حينما بلغه حال آل جعفر رضي الله عنهم. فحينئذ يكون هذا الحديث إنما خصوصية لآل جعفر وواقعة عين فلا ينهض به الاستدلال على منع الوليمة من أهل الميت ولم يقل النبي صلى الله عليه وسلم من مات له ميت فلا يولم ولا يطعم الناس ولم يجئ في الحديث نهي رسول الله صلى الله عليه وسلم أهل الميت عن الوليمة وأن بطعموا غيرهم. بل الذي جاء في الحديث أن أهل الميت أولموا وأطعموا ودعوا الرسول صلى الله عليه وسلم ومن معه فأجاب دعوتهم وأقرهم على ذلك ولم ينكر عليهم إلا أخذ الشاة بغير بيع صحيح وبغير رضا مالكها.
رسائل في خمس مسائل
Nabi SAW. Bersabda :
اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم
Hadits ini boleh jadi (ihtimal) berlaku husus kepada keluarga Ja,far , sebab kronologis munculnya hadits ini adalah: pada saat itu Nabi melihat keluarga Ja,far di rundung kesedihan yang sangat mendalam sehingga mereka tidak mampu menyediakan makanan untuk diri mereka sendiri, dengan adanya peristiwa itu lalu Nabi SAW Menyuruh isteri-isteri beliau membuatkan makanan untuk keluarga Ja`far. Hadits ini tidak bisa di jadikan hujjah untuk menentang teradisi keluarga mayyit yang menyediakan makanan untuk para tamu, sebab secara tersirat (inplisit) maupun terang-terangan (eksplisit) baginda Nabi tidak pernah mengatakan Barang siapa mempunyai keluarga meninggal dunia maka janganlah membuat walimah dan jangan pula memberi makan pada orang lain Justru disebutkan dalam hadits riwayat `Ashim bin kulaib, bahwa : ada sebuah keluarga mayyit membuat walimah dan menyediakan makanan lalu mereka mengundang Baginda Nabi SAW beserta para sahabatnya, dan beliau menyambut undangan tersebut dengan mendatanginya beserta para sahabatnya, beliau tidak inkar atas kejadian itu, hanya saja beliau tidak suka terhadap sebuah fenomena yang terjadi pada saat itu yakni pembelian kambing dengan cara yang tidak sah dan tanpa rido dari pemiliknya.
حدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا كَانَتْ إِذَا مَاتَ الْمَيِّتُ مِنْ أَهْلِهَا فَاجْتَمَعَ لِذَلِكَ النِّسَاءُ ثُمَّ تَفَرَّقْنَ إِلَّا أَهْلَهَا وَخَاصَّتَهَا أَمَرَتْ بِبُرْمَةٍ مِنْ تَلْبِينَةٍ فَطُبِخَتْ ثُمَّ صُنِعَ ثَرِيدٌ فَصُبَّتْ التَّلْبِينَةُ عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَتْ كُلْنَ مِنْهَا فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ التَّلْبِينَةُ مُجِمَّةٌ لِفُؤَادِ الْمَرِيضِ تَذْهَبُ بِبَعْضِ الْحُزْنِ صحيح البخاري ـ مشكول - (17 / 32)
Sebuah sejarah, dimana Sayyidah `Aisah ketika keluarganya ada yang meninggal dunia, maka berkumpulah para kaum wanita karena kematian tersebut, kemudian setelah itu bubar berpencar-pencar kecuali keluarga dan orang pentingnya Sayyidah Aisah, pada saat itu Sayyidah Aisah menyuruh mengambil burmah (periuk dari batu) yang berisi keju kemudian dimasaknya, dan keju setelah matang lalu di tuangkan ke atas jenang tsarid yang telah di buatnya, dan setelah semua selesai Sayyidah Aisah berkata : makanlah kalian semua.
رسائل في خمس مسائل (موقف المصلى على الجنازة -الحلق والتقصير-استعمال مكبرات الصوت -الوليمة من أهل الميت- الصلاة في الطيارة )
بقلم الفقير إلى عفو الله تعالى إسماعيل عثمان زين اليمني المكي الشافعي عفى الله تعالى عنه آمين
T A M M A T
DI SUSUN OLEH MOCH.THOHA
PP. NURUL-HUDA
Wonosalam Rejosalam Pasrepan Pasuruan
Komentar
Posting Komentar